Rabu, 23 Februari 2011

Yakinkah Password Anda sudah aman dari hacker?

Yakinkah Password Anda sudah aman dari hacker?


Kali ini kita akan membahas tentang metode pembobolan akun Facebook, email dan akun online lainnya. Sayangnya tak semua pemilik account tersebut sadar kalau facebook atau emailnya bisa dibobol orang lain.

Andakah salah satunya?…
Seminggu yang lewat facebook saya di masuki maling, untung yang hilang cuma chips poker doang,kl sempat password facebook di ganti gmn…?

kadang kita tak memiliki metode akurat untuk mendeteksi pengakses lain selain diri kita.

Jangan Anda pikir sebuah akun facebook tetap aman ketika tak terlihat tanda-tanda keanehan di dalamnya.

Hacker profesional tak akan pernah meninggalkan jejak sekecil apapun yang berpotensi memancing kecurigaan si pemilik akun.

Ini pentingnya belajar “PSIKOLOGI HACKER”:
Tujuan hacker memasuki akun orang lain semata-mata bukan ingin merusak, merubah dan unjuk gigi kalau mereka adalah orang lain yang bisa masuk akun selain pemilik aslinya.

Tujuan lebih mulia mereka adalah :MENCURI DATA.
tentu saja seorang pencuri data tak akandengan sembrono meninggalkan jejak mencurigakan supaya si pemilik akn tak curiga bila facebooknya sudah bisa ditembus.

so, walau facebook kita nampak tak ada perubahan, bukan berarti facebook kita masih virgin, alias belum pernah dibobol orang lain.xixixix………

Diluar sana tak terhitung banyak orang mudah sekali keluar masuk facebook orang lain. Bahkan Hacker kacangan berlomba-lomba unjuk gigi memperbanyak koleksi korban facebook yang berhasil dibobol.

Kesepakatan tak tertulis para hacker menempatkan akun FB sebagai kemampuan paling basic yang harus bisa ditembus.

Di sini kita akan belajar “jampi-jampi” tolak bala’ supaya FB kita tak mudah ditembus oleh hacker.
Kita hanya perlu awas dan mengenali jenis-jenis hacker yang bisa login di akun kita. Berdasarkan kelasnya, inilah pembagiannya:

1. Hacker kebetulan:
Dia bisa membuka akun milik orang lain karena kecerobohan si pemilik FB tersebut, misal dia OL di tempat umum: kampus, warnet dll. Namun dia lupa log out dari FBnya. Kemungkinan FBnya bisa dimasuki orang lain yang memungkinkan dirubah paswordnya.

Antisipasi:
selalu hati-hati dan ketika OL di tempat umum

2.Hacker tebak-tebakan:
Dia bisa membuka akun milik orang lain karena dengan sengaja menebak pasword dan ndelalahnya benar. Cara ini adalah cara paling menyedihkan, namun dia diuntungkan dengan korban- korban yang membuat pasword terlalu mudah ditebak”

Antisipasi:
jangan buat pasword yang berkaitan dengan data diri Anda.
misal tanggal lahir, nama Anda, no HP Anda, artis favorit Anda.

Memang, hacker tipe ini tak berkesan profesional, namun banyak pemilik FB membuat pasword yang mudah sekali ditebak. tentu saja hacker janis ke-2 ini bisa tembus.

3.Hacker manual
Dia memburu pasword korban dengan pencarian manual seperti mengakses semua data pribadi korban, keluarga dsb untuk mengetahui pasword akunnya.

kelihatan konyol, namun cara ini yang dipakai hacker Amerika untuk membobol akun credit card artis holliwood disana.

Antisipasi:
jangan pernah kita membuat pasword yang sama untuk akun yang berbeda.
siapa sangka, orang bisa membool akun kita gara-gara org lain mengetahui pin ATM,BB, pasword email dll yang ternyata kode tersebut juga kita pakai untuk pasword akun lain.

4.Hacker profesinal:
Ini yang paling penting. Mereka tak butuh 3 cara diatas untuk mencuri pasword Anda. Mereka cukup menggunakan software tertentu, merekam jejak Anda, mengakali mesin penjawab, melakukan pishing dll. Ini yang kadang tak kita sadari,seperti yang saya alami seminggu yang lewat,facebook saya di bobol untuk mengambil chips poker saya,dan bener sekali chips poker yg sebelumnya 63M tinggal 500k: ok, mari kita bahas :

-pishing: hacker membuat aplikasi tertentu di FB yang mengharuskan orang yang mengaksesnya memasukkan email dan pasword. hati-hati 80% mereka hacker murni.

-Mereka dengan inocent pura-pura mengaku sebagai pemilik akun tersebut dan meminta pasword baru karena lupa pasword lama.
Permintaan mereka bisa dikabulkan karena yang menjawab adalah mesin penjawab otomatis.

Mereka cukup mengetahu alamat email yang Anda pakai di facebook dan mereset paswordnya melalui mesin penjawab otomatis yang ada di yahoo, gmail dan FB.

Berikut metode wajib dalam mengamankan akun kita:
1.Setiap Anda mendaftar akun baru tertentu, buatlah pasword yang beda dari akun lama, misal akun email,FB, twitter, YM dll.
semua pasword dari akun tersebut jangan sampai sama

2.ubahlah pasword Anda secara rutin mungkin tiap 3 bulan sekali bila akun Anda adalah akun yang penting, seperti email bisnis, pin ATM dll.

4.jangan buat pasword terlalu pendek, minimal 6 karakter

5. jangan membuat pasword menggunakan tanggal lahir, no hp atau data pribadi lainnya.

6.modifikasi pasword Anda dengan paduan huruf kecil +huruf besar+angka

7.JANGAN CANTUMKAN NO HP & EMAIL DI FB ANDA!
modal utama hacker profesional membobol FB salah satu unsur paling penting adalah dengan mengetahui email korban,

no HP juga jangan dipublikasikan di FB. tak ada alasan penting bagi orang lain mengetahui no HP Anda. Bila mereka mengenal Anda di FB, maka minta mereka menghubungi via FB saja.

8.Selalu logout dari semua akun bila hendak mematikan komputer pribadi Anda walau dhanya anda yang menggunakannya.

9.Jangan terpancing untuk join aplikasi tertentu yang tak jelas di FB. APalagi yang meminta Anda memasukkan id & Pasword. Kemungkinan besar itu adalah pishing yang sengaja mencuri pasword Anda.!

0 komentar:

Posting Komentar