Selasa, 28 Februari 2012


 Nggak Asal Eksis dan Narsis
 
 
Salah satu hal yang wajib setiap hari dilakukan sebagian orang saat ini ialah beraktivitas di social network. Entah itu update status & comment di facebook, ngetwit, atau sekedar baca hot thread di kaskus. Bersosialisasi memang menjadi kebutuhan manusia. Sekarang orang yang pendiam bisa menggunakan social network untuk mencurahkan isi hatinya dan orang yang memang supel semakin berkicau di dunia maya. Bahkan facebook kini menjadi “diary” bagi kebanyakan orang. Jika dulu orang menuliskan isi hatinya di diary supaya tidak ada orang yang tahu kini sebaliknya, orang menuliskan isi hatinya di facebook supaya dilihat banyak orang dan senang sekali jika banyak yang comment. Rasa-rasanya tidak salah kalau kita katakan bahwa orang-orang seperti itu adalah facebook/twitter holic. Facebook dan twitter  benar-benar telah mengubah cara orang berkomunikasi.

Banyak fenomena terjadi seiring dengan penggunaan internet sebagai media komunikasi. Mulai dari artis dadakan seperti Briptu Norman, perselisihan musisi dengan anggota dewan di twitter, bahkan ada orang yang jual keripik pedas di Bandung dengan omset 4 miliar rupiah perbulan dengan memanfaatkan facebook dan twitter.
 
Coba sesekali perhatikan status-status teman kita di facebook. 
Tidak sedikit kegalauan, narsis dan kadang mereka menulis “Bingung nih mau makan apa”? atau “Enaknya update status apa ya”? Hal-hal yang sebetulnya tidak perlu dituliskan bukan? Salah satu contoh penggunaan facebook yang bisa kita contoh adalah Fan page Pak Mario Teguh.


Interaksi fan page Facebook motivator indonesia Mario Teguh menempati urutan ketiga teraktif di dunia mengalahkan Justin Bieber dan Lady Gaga. Seperti tercatat dalam data allfacebook 2011, peringkat pertama dan kedua ditempati page religius yakni Jesus Daily yang interaksinya mencapai 1.809.810, diikuti posisi kedua The Bible yang interaksinya 1.018.280. Sedangkan motivator Indonesia Mario Teguh, menempati posisi ketiga, dengan total interaksi sebanyak 930,352.Ini menunjukkan aktifnya minat masyarakat akan diskusi yang diadakan di akun tersebut, dan handalnya manajemen sosial media di page Facebook itu.

Sedikit tulisan di atas semoga menjadi inspirasi. Banyak kata-kata motivasi, link-link situs bermutu, atau informasi-informasi bermanfaat yang bisa kita share di dunia maya. Alangakah indahnya jika kita bisa memberi manfaat dengan setiap status, tweet, atau apapun yang kita tukiskan di dunia maya.

0 komentar:

Posting Komentar